Remastering Itu Apa ?


remastering itu apa ?

Apakabar sobat ilmutekno, pada kesempatan kali ini admin akan mengulas tentang pengertian Remastering. Apasih sebenarnya Remastering ? apa hubungannya dengan Remastering Linux ? Kenapa harus Linux yang harus di Resmatering ?

Nah bagi kalian yang masih awam dan masih bingung seperti orang hilang, yok buruan baca dengan seksama supaya pengetahuan kalian bertambah hehe. Sehingga kalian makin cerdas dan tidak tertinggal oleh teman-teman kalian.

Untuk istilah Remastering sendiri sebenarnya adalah proses membuat master baru untuk sebuah album, film atau ciptaan lainnya dari hasil cipta yang sebelumnya sudah ada.

Seperti halnya pada proses memindahkan rekaman musik yang berasal dari media analog menjadi rekaman digital (hal ini lebih dikenal pada industri musik dan film), namun seiring dengan waktu istilah remaster tidak saja menjadi milik industri film dan musik, seperti halnya penggunaan istilah Virus Biologis pada bidang medis dan penggunaan istilah Virus Komputer pada industri software.

Penggunaan istilah remaster pada linux sendiri mulai dipopulerkan oleh seorang Klaus Knopper sang pencipta Distro Linux LiveCD-Knoppix yang mana Knoppix sendiri merupakan hasil remaster dari Debian.

apa sih remastering ?

Dalam bidang software remastering bahwa dapat diartikan sebagai sebuah proses pembungkusan ulang paket aplikasi pada sistem operasi dimana kita bisa menambah bahkan bisa juga mengurangi paket aplikasi yang disertakan. 

Bisa juga dikatakan remastering merupakan proses pembuatan sistem operasi baru dengan paket aplikasi yang berbeda dari sistem aslinya (default). Dengan remastering dapat memungkinkan kita untuk menambah atau mengurangi paket aplikasi di sistem operasi yang ada dengan paket aplikasi yang baru.

Istilah lainnya yang biasa digunakan adalah operating system deployment atau slipstream istilah ini biasanya dikenal dilingkungan windows, dimana sebuah Sistem windows yang telah ada ditambahkan driver ataupun software tambahan dibundel kembali menggunakan imaging software atau wim image.

Secara umum dapat diketahui bahwasanya tujuan dari remastering itu sendiri yaitu membuat sebuah sistem operasi yang sesuai dengan kehendak pembuatnya, dalam hal ini bisa bertujuan khusus atau memang ditargetkan digunakan pada lingkungan tertentu.

Hampir semua sistem operasi modern yang beredar sekarang seperti Windows XP, Vista, Seven, Windows 8.1, Windows 10, Ubuntu, Slackware, Debian dan sistem operasi modern lainnya dapat di remaster, tetapi dari sekian banyak Sistem operasi tadi kita tidak bisa sembarangan meremastering sendiri.

apa sih remastering linux ?

Karena kita sadari dari sekian banyak Sistem operasi tersebut ada yang memiliki licensi dan peraturan (hak kepemilikan), baik sistem operasi itu sendiri maupun software yang digunakan dalam prosesnya.

Salah satu dari sistem operasi tersebut yang dapat kita remaster secara bebas tanpa terikat akan license atau diwajibkan membayar adalah sistem operasi yang menggunakan Kernel Linux dalam hal ini Slackware, Debian, Ubuntu, dll.
Malah dalam banyak hal kita dapat dengan mudah meremaster sebuah distribusi GNU/Linux dibandingkan sistem operasi lainnya hal ini dikarenakan tersedianya software bantu dan dokumentasi yang dapat diperoleh secara bebas di internet.

Baca Juga : 

=>> Macam-Macam Software Untuk Remastering !!!

=>> Distro Linux Untuk Pemula Yang Mudah Digunakan Dan Dipelajari !!!
Nah mungkin sekarang kalian sudah lebih paham dan maksud tentang remastering tersebut. Bagaimana awal mulanya tercipta dan langkah-langkahnya apa saja untuk memilih system operasi yang akan diremastering.
Sehingga kalian tidak asal untuk meremaster setiap Sistem operasi, Karena setiap system operasi memiliki lisensi-lisensi tersendiri dan ada pula yang bersifat open sourch.
Sekiranya sekian ulasan dari admin kali ini. Admin sendiri masih dalam tahap belajar dan belum begitu jago dalam meremaster OS Linux. Sehingga mungkin sedikit pengetahuan dari admin bisa admin bagikan ke kalian semua.

0 Response to "Remastering Itu Apa ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel